Kamis, 07 Mei 2015

File System

Apa itu file system ?

            - File system mengorganisasi file-file dan mengatur akses pada data
         - File system bertanggung jawab untuk managgement file, management pengaturan file tambahan, mekanisme integritas file dan metode akses file
            - File system terutama berkaitan dengan mengelola penyimpanan sekunder

The UNIX File System
Sistem file mendefinisikan hirarki logis untuk mewakili objek yang dibuat user . Hal ini dapat mewakili seluruh namespace , bahkan mencakup seluruh disk .


       Terdapat dua cara untuk mengidentifikasi file di file system, yaitu dengan menggunakan absolute pathname dan relative pathname. Absolute pathname lokasinya sudah pasti, relative pathname lokasinya relative.

Types of Objects in a File System
  • Regular files
  • Directories
  • Links
  • Special Files
  • Named Pipes
Directories
      Directories adalah folder. Direktori menyediakan pemetaan antara nama-nama file dan file itu sendiri . Untuk kita directories memungkinkan kita untuk megurutkan file kita ( berdasarkan hirarki ) .

Special File
Special file tidak berisi data , mereka biasa digunakan untuk memetakan perangkat fisik atau layanan ke sistem file . Folder dengan nama con, prn, nul tidak bisa dihapus.

Named Pipe
Named pipe adalah tipe khusus dari special file. Tidak menunjuk ke blok pada disk , perangkat atau layanan itu menunjuk ke struktur di memori .

Softlink : ada di dua tempat, misal source link di PC A, link nya ada di B. B bisa buka/hapus. Bisa antar network. Jika file sumber dihapus, softlink nya tidak bisa jalan.
Hardlink : hanya ada di satu tempat. Jika file sumber dihapus, hardlink tetap jalan.



www.binus.ac.id
www.skyconnectiva.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar